IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS XII MIA DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI PADA MATERI FLUIDA STATIS
Abstract
Penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas XII MIA di
SMA Negeri 8 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi fluida
statis sesuai dengan variasi miskonsepsi yang dapat diungkap dengan
instrument four tier.
Penelitian yang dilakukan menggunakan desain explanatory mixed methods research. Data kuantitatif dianalisis untuk mendapatkan persentase miskonsepsi siswa sedangkan data kualitatif digunakan untuk mendeskrpsikan secara naratif hasil wawancara. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 263 orang sebagai sumber data kuantitatif. Sedangkan untuk sumber data kualitatif dipilih 7 orang siswa yang teridentifikasi miskonsepsi untuk dilakukan wawancara. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi masih terjadi pada materi fluida statis yang digolongkan dalam kategori rendah ( 30%) yaitu sebesar 21%. Miskonsepsi paling tinggi terjadi pada sub konsep gaya apung sebesar 58%. Sedangkan persentase miskonsepsi paling rendah yaitu pada sub konsep aplikasi hukum utama hidrostatis yaitu hanya sebesar 17%.
Penelitian yang dilakukan menggunakan desain explanatory mixed methods research. Data kuantitatif dianalisis untuk mendapatkan persentase miskonsepsi siswa sedangkan data kualitatif digunakan untuk mendeskrpsikan secara naratif hasil wawancara. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 263 orang sebagai sumber data kuantitatif. Sedangkan untuk sumber data kualitatif dipilih 7 orang siswa yang teridentifikasi miskonsepsi untuk dilakukan wawancara. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi masih terjadi pada materi fluida statis yang digolongkan dalam kategori rendah ( 30%) yaitu sebesar 21%. Miskonsepsi paling tinggi terjadi pada sub konsep gaya apung sebesar 58%. Sedangkan persentase miskonsepsi paling rendah yaitu pada sub konsep aplikasi hukum utama hidrostatis yaitu hanya sebesar 17%.
Komentar
Posting Komentar