ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Zuriati. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam
Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar:
Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing:
(1) Dr. Yantoro, M.Pd., (2) Ahmad Hariandi, S.Pd., M.Ag.
Kata kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matematika, Bangun Datar.
Penelitian ini dilakukan di SDN 13/1 Muara Bulian pada Januari 2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi
kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dan tes.
Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana kesulitan belajar
dalam pembelajaran matematika pada bangun datar kelas IV B SDN 13/1
Muara Bulian?. (2) Apa saja faktor penyebab kesulitan belajar peserta
didik dalam pembelajaran matematika pada bangun datar kelas IV B SDN
13/1 Muara Bulian?.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar peserta
didik dalam pembelajaran matematika pada bangun datar (persegi, persegi
panjang, dan segitiga) dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan
belajar peserta didik dalam pembelajaran metematika pada bangun datar
(persegi, persegi panjang, dan segitiga).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 orang peserta didik yang
mengalami kesulitan dalam belajar matematika pada Kompetensi Dasar 3.9
menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegi
panjang, dan segitiga dengan presentase 52%. Dengan kategori soal yang
terdiri dari C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), dan C4
(menganalisis). Faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam belajar
itu terdiri dari dua faktor, yaitu faktor yang muncul dalam diri siswa
(internal) seperti tidak adanya sikap yang menunjukan kesenangan dalam
belajar matematika, tidak ada keseriusan dalam belajar matematika, tidak
adanya buku tambahan dalam belajar. Sedangkan faktor yang muncul dari
luar (eksternal) terlihat pada kelompok bermain dan pengelolaan kelas
yang kurang baik juga dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam
belajar.
Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih memperhatikan
kemampuan peserta didik dalam menguasai materi pelajaran, dan lebih
kreatif dalam mengelola kelas sehingga tidak menimbulkan
kelompok-kelompok dalam proses belajar.
Komentar
Posting Komentar